Cari Blog Ini

Minggu, 06 Juni 2010

Apakah SAYA Seorang Muslim ?

Saudaraku,
Pengakuan sebagai seorang Muslim bukanlah klaim terhadap identitas, bukan pula klaim terhadap pewarisan dan penampilan. Ia adalah komitmen untuk menjalankan seluruh nilai-nilai luhur ajaran Islam dalam semua aspek kehidupan. Muslim yang diharpkan adalah mereka yang tidak hanya meyakini dengan hati akan kebenaran Islam, dan bukan juga yang pandai beretorika mengucapkan kebenaran Islam dengan lisan, akan tetapi Muslim sejati yang di inginkan Islam adalah mereka yang mampu mengaplikasikan ajaran Islam dalam setiap gerak dan detak nafas mereka. Lalu, Seperti apakah untuk menjadi Muslim yang Ideal ? Menurut Fathi Yakan dalam Bukunya Komitmen Muslim Sejati, Muslim yang ideal adalah mereka yang mempunyai Aqidah yang kokoh, Ibadah yang baik dan memiliki akhlak yang bagus. Ketiga unsur menjadikan Muslim Ideal menjadi Inspirator keteladanan bagi orang-orang disekitarnya.

Saudaraku,
Rasulullah Muhammad SAW pada fase awal dakwahnya di Mekkah. Beliau menekankan dakwahnya pada masalah Aqidah . Tauhid dalam konsep ajaran Islam merupakan fondasi dasar bangunan ke Islaman sesorang. Kita harus yakin dengan penuh kesadaran bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah, serta yakin pula bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah
Ibadah dalam pandangan Islam adalah puncak ketundukan dan kepatuhan kepada Allah. Ibadah yang benar yang dapat diterima Allah adalah ibadah dengan niat yang ikhlas serta ibadah yang di lakukan adalah sesuai dengan perintah Wahyu.
Salah satu operasionalisasi ajaran Islam adalah terbentuknya karakter yang dalam bahasa agamanya adalah akhlak. Mengislamkan akhlak substansinya adalah operasionalisasi dari aqidah dan ibadah yang kita lakukan. Akhlak yang baik tentu buah dari keimanan kita kepada Allah, sebagai hasil dari ikhtiar aqidah dan ibadah kita.
Saudaraku,
Masihkah kita mengaku diri sebagai seorang Muslim ?, Masihkan kita bangga dengan Identitas ke Islaman kita ?, Masihkan kita Percaya kepada Allah dan Rasul-Nya sementara gaya hidup kita masih jauh dari petunjuk Wahyu-Nya?
Ya Allah hanya kepada Mu kami bersimpuh, memohon dan berharap
Sekirannya Engkau mengampuni segala Dosa ,Kesalahan dan kekhilafan kami

Oleh : Sumardi
Ketua Bidang Dakwah dan Kaderisasi
DPD PKS Manggarai Barat

Tidak ada komentar: